1.1.1             Visi

Pada Tahun 2030 menjadi Program Studi terkemuka yang menghasilkan sarjana Pendidikan Agama Islam berkarakter Ulul Albab dan memiliki wawasan internasional.

1.1.2            Misi

a.   Menyelenggarakan pendidikan unggul yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang siap menjadi pendidik agama Islam di sekolah/ Madrasah dan jenis pendidikan keagamaan Islam lainnya di dalam maupun di luar negeri.

b.  Mempersiapkan lulusan yang berkualitas yang memiliki kekokohan akidah dan kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga kependidikan Islam.

c.   Mengembangkan penelitian yang dapat melahirkan dan mengembangkan teori-teori pendidikan Islam baik pada jalur pendidikan formal, non formal maupun informal.

d.   Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang lebih bersifat proaktif dan antisipatif dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan pendidikan Islam yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.

e.   Mengembangkan jaringan kerjasama/kemitraan dengan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, masyarakat pengguna lulusan, dan stakeholders lainnya.

1.1.4  Tujuan

 

1.     Menghasilkan pendidik agama Islam yang memiliki pengetahuan, sikap, keterampilan dan nilai yang diperlukan untuk menjadi pendidik agama Islam serta pembimbing dan penggerak kegiatan keagamaan Islam di sekolah/Madrasah dan jenis pendidikan keagamaan Islam lainnya.

2.    Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi untuk mengembangkan inovasi pendidikan dan atau pembelajaran Pendidikan Agama Islam .

3.    Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan tambahan dalam membentuk, mengelola dan mengorganisir, merencanakan dan melaksanakan program pendidikan, melakukan supervisi, monitoring dan evaluasi program, dan  mengembangkan inovasi-inovasi program satuan pendidikan keagamaan Islam.

4.    Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai tenanga non kependidikan (muballigh, konselor agama, jurnalis, desainer pembelajaran multimedia, entrepreneur di bidang pendidikan).     

5.    Menghasilkan lulusan sarjana yang menguasai metodologi penelitian pendidikan dan pembelajaran PAI sebagai alat untuk memperluas wawasan keilmuan, keislaman, seni, budaya dan peradaban.

6.    Menghasilkan hasil-hasil penelitian yang dapat dijadikan rujukan dalam pengembangan PAI di sekolah/madrasah, dan lembaga pendidikan lainnya.

7.    Memperluas jalinan kerjasama dengan lembaga kependidikan, baik yang ada di dalam maupun luar negeri. 

8.    Memperluas jalinan kerjasama dengan lembaga non kependidikan, baik yang ada di dalam maupun luar negeri.


Fiqh II merupakan kelanjutan mata kuliah Fiqih I, sebagai mata kuliah inti prodi PAI yag wajib ditempuh oleh mahasiswa PAI. Mata kuliah ini didesain untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman sekaligus kemampuan sebagai calon pendidik yang ahli dibidang PAI, khusunya fiqh. Mata kuliah ini merupakan memberikan wacana tentang berbagai permasalahan kontemporer yang berkaitan dengan hukum Islam. Banyak sekali problem yang muncul sebagai dampak dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern yang belum tercover dalam hukum Islam. Ada juga yang belum diputuskan hukumnymenurut Islam. Pembahasan materi Fiqh II difokuskan untuk membekali mahasiswa PAI agar memiliki menguasai materi fikih untuk jenjang SLTA (SMA/MA) sekaligus mampu membelajarkannya. Penguasaan materi dan metode mbelajarkan fiqh merupakan suatu aksentuasi dan entry point dalam proses

Pengembangan kurikulum merupakan matakuliah wajib ditempuh mahasiswa Pendidik Agama Islam (PAI) untuk membekalinya sebagai calon pendidik agar memiliki pemaham secara filosofis dan konseptual tentang pengembangan kurikulum PAI, serta mengantarkan mereka mampu mendesain secara operasional kurikulum Pendidikan Agama Islam sesuai dengan kebutuhan satuan/jenjang lembaga pendidikan baik sekolah maupun madrasah,

Matakuliah ini merupakan lanjutan dari matakuliah A I. Matakuliah ini seqidah Akhlak I bagai bekal mahasiswa untuk menjadi calon guru PAI agar mampu menghadirk pembelajaran Aqidah Akhlak yang sesuai dengan karakteristik mata pelajara kurikulum yang diterapkan. Matakuliah ini memberikan mahasiswa pemahaman dan
penguasaan terhadap materi Aqidah Akhlak di MA/SMA dan pembelajarannya.

Matakuliah ini sebagai bekal mahasiswa untuk menjadi calon guru PAI agar mampu menghadirkan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan kurikulum yang diterapkan. Matakuliah ini mrikan mahasiswa pemahaman dan penguasaan terhadap materi SKI di MI/MTs dan pembelajarannya.

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat pendidikan, pandangan ilmiah dan filosofi tentang manusia serta implikasinya terhadap pendidikan, landasan, tujuan dan azas pendidikan, sistem pendidikan nasional, pendidik, peserta didik, dan institusi pendidikan, permasalahan-permasalahan pendidikan, dan pendidikan dan masa depan.