1.1.1             Visi

Pada Tahun 2030 menjadi Program Studi terkemuka yang menghasilkan sarjana Pendidikan Agama Islam berkarakter Ulul Albab dan memiliki wawasan internasional.

1.1.2            Misi

a.   Menyelenggarakan pendidikan unggul yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang siap menjadi pendidik agama Islam di sekolah/ Madrasah dan jenis pendidikan keagamaan Islam lainnya di dalam maupun di luar negeri.

b.  Mempersiapkan lulusan yang berkualitas yang memiliki kekokohan akidah dan kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga kependidikan Islam.

c.   Mengembangkan penelitian yang dapat melahirkan dan mengembangkan teori-teori pendidikan Islam baik pada jalur pendidikan formal, non formal maupun informal.

d.   Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang lebih bersifat proaktif dan antisipatif dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan pendidikan Islam yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.

e.   Mengembangkan jaringan kerjasama/kemitraan dengan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, masyarakat pengguna lulusan, dan stakeholders lainnya.

1.1.4  Tujuan

 

1.     Menghasilkan pendidik agama Islam yang memiliki pengetahuan, sikap, keterampilan dan nilai yang diperlukan untuk menjadi pendidik agama Islam serta pembimbing dan penggerak kegiatan keagamaan Islam di sekolah/Madrasah dan jenis pendidikan keagamaan Islam lainnya.

2.    Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi untuk mengembangkan inovasi pendidikan dan atau pembelajaran Pendidikan Agama Islam .

3.    Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan tambahan dalam membentuk, mengelola dan mengorganisir, merencanakan dan melaksanakan program pendidikan, melakukan supervisi, monitoring dan evaluasi program, dan  mengembangkan inovasi-inovasi program satuan pendidikan keagamaan Islam.

4.    Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai tenanga non kependidikan (muballigh, konselor agama, jurnalis, desainer pembelajaran multimedia, entrepreneur di bidang pendidikan).     

5.    Menghasilkan lulusan sarjana yang menguasai metodologi penelitian pendidikan dan pembelajaran PAI sebagai alat untuk memperluas wawasan keilmuan, keislaman, seni, budaya dan peradaban.

6.    Menghasilkan hasil-hasil penelitian yang dapat dijadikan rujukan dalam pengembangan PAI di sekolah/madrasah, dan lembaga pendidikan lainnya.

7.    Memperluas jalinan kerjasama dengan lembaga kependidikan, baik yang ada di dalam maupun luar negeri. 

8.    Memperluas jalinan kerjasama dengan lembaga non kependidikan, baik yang ada di dalam maupun luar negeri.


Available courses

FIQH II

Pengembangan Kurikulum

AKIDAH AKHLAK II

SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM I

Dasar-Dasar Pendidikan Islam