A.         IDENTITAS PRODI

1.

Nama Program Studi

:

Bahasa dan sastra arab

2.

Ijin Penyelenggaraan Prodi

:

 

3.

Akreditasi  Prodi

:

a (nomor: 010/sk/ban-pt/ak-xv/s/1/2013

4.

Gelar Akademik Beserta Singkatannya

:

sarjana sastra (SS)

5.

Jenis Pendidikan

:

Akademik

6.

Program Pendidikan

:

Program Sarjana (Level 6)

7.

Bahasa Pengantar Kuliah

:

Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab

8.

Masa Studi Program Sarjana

:

Paling lama 7 tahun akademik

B.    VISI PRODI

Menjadi jurusan yang terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan di bidang Bahasa dan Sastra Arab yang memiliki kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional, serta menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bernafaskan Islam serta menjadi kekuatan penggerak masyarakat

C.     MISI PRODI

1.    Menyelenggarakan pendidikan yang berbasis nilai-nilai Islam dalam mempersiapkan  lulusan yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional.

2.   Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang profesional dalam mempersiapkan lulusan yang berkompeten di bidang ilmu bahasa dan sastra Arab dan mampu  mengaplikasikannya baik sebagai ilmu murni maupun terapan.

3.   Menyelenggarakan penelitian dan kajian-kajian dalam upaya menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang bahasa dan sastra Arab.

4.   Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang profesional dalam memecahkan masalah-masalah sosial keagamaan dan memberikan layanan kepada masyarakat di bidang ilmu bahasa dan sastra Arab.

5.   Menjaga etika profesionalisme akademik dalam menyelenggarakan Jurusan Bahasa dan Sastra Arab.

 

D.    TUJUAN PENYELENGGARAAN PRODI

  1. Menghasilkan Sarjana Humaniora yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional.
  2. Menghasilkan Sarjana Humaniora yang mampu  berkomunikasi dalam bahasa Arab baik secara lisan maupun tulisan dengan baik dan benar.
  3. Menghasilkan Sarjana Humaniora yang memahami secara mendalam tentang ilmu kebahasaan dan kesastraan Arab.
  4. Menghasilkan Sarjana Humaniora yang menguasai metodologi kajian bahasa dan analisis karya sastra serta mampu mengaplikasikan dalam karya sastra Islami.
  5. Menghasilkan Sarjana Humaniora yang secara profesional mampu memanfaatkan ilmu dalam bidang bahasa dan sastra Arab baik sebagai ilmu murni maupun terapan.
  6. Menghasilkan lulusan sarjana yang memiliki integritas keagamaan dan keilmuan bahasa dan sastra Arab.
  7. Menghasilkan lulusan sarjana yang menguasai keterampilan berbahasa sebagai alat untuk memperluas wawasan keilmuan keislaman, seni, budaya dan peradaban.
  8. Menghasilkan lulusan sarjana yang dapat  mengaplikasikan keilmuannya di tengah masyarakat.

Menghasilkan lulusan sarjana yang memiliki kecakapan hidup (life skill).


Available courses

TEOSOFI

STUDI FIQIH

STUDI AL QUR’AN DAN AL-HADIST

FILSAFAT ILMU

ILMU ALAMIAH DASAR

BAHASA INGGRIS II

BAHASA INGGRIS I

BAHASA INDONESIA

PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN