A.         IDENTITAS PRODI

1.

Nama Program Studi

:

Bahasa dan sastra arab

2.

Ijin Penyelenggaraan Prodi

:

 

3.

Akreditasi  Prodi

:

a (nomor: 010/sk/ban-pt/ak-xv/s/1/2013

4.

Gelar Akademik Beserta Singkatannya

:

sarjana sastra (SS)

5.

Jenis Pendidikan

:

Akademik

6.

Program Pendidikan

:

Program Sarjana (Level 6)

7.

Bahasa Pengantar Kuliah

:

Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab

8.

Masa Studi Program Sarjana

:

Paling lama 7 tahun akademik

B.    VISI PRODI

Menjadi jurusan yang terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan di bidang Bahasa dan Sastra Arab yang memiliki kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional, serta menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bernafaskan Islam serta menjadi kekuatan penggerak masyarakat

C.     MISI PRODI

1.    Menyelenggarakan pendidikan yang berbasis nilai-nilai Islam dalam mempersiapkan  lulusan yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional.

2.   Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang profesional dalam mempersiapkan lulusan yang berkompeten di bidang ilmu bahasa dan sastra Arab dan mampu  mengaplikasikannya baik sebagai ilmu murni maupun terapan.

3.   Menyelenggarakan penelitian dan kajian-kajian dalam upaya menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang bahasa dan sastra Arab.

4.   Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang profesional dalam memecahkan masalah-masalah sosial keagamaan dan memberikan layanan kepada masyarakat di bidang ilmu bahasa dan sastra Arab.

5.   Menjaga etika profesionalisme akademik dalam menyelenggarakan Jurusan Bahasa dan Sastra Arab.

 

D.    TUJUAN PENYELENGGARAAN PRODI

  1. Menghasilkan Sarjana Humaniora yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional.
  2. Menghasilkan Sarjana Humaniora yang mampu  berkomunikasi dalam bahasa Arab baik secara lisan maupun tulisan dengan baik dan benar.
  3. Menghasilkan Sarjana Humaniora yang memahami secara mendalam tentang ilmu kebahasaan dan kesastraan Arab.
  4. Menghasilkan Sarjana Humaniora yang menguasai metodologi kajian bahasa dan analisis karya sastra serta mampu mengaplikasikan dalam karya sastra Islami.
  5. Menghasilkan Sarjana Humaniora yang secara profesional mampu memanfaatkan ilmu dalam bidang bahasa dan sastra Arab baik sebagai ilmu murni maupun terapan.
  6. Menghasilkan lulusan sarjana yang memiliki integritas keagamaan dan keilmuan bahasa dan sastra Arab.
  7. Menghasilkan lulusan sarjana yang menguasai keterampilan berbahasa sebagai alat untuk memperluas wawasan keilmuan keislaman, seni, budaya dan peradaban.
  8. Menghasilkan lulusan sarjana yang dapat  mengaplikasikan keilmuannya di tengah masyarakat.

Menghasilkan lulusan sarjana yang memiliki kecakapan hidup (life skill).


COURSE LEARNING OUTCOMES
(CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH)

 
1.    MEMBENTUK MAHASISWA YANG MAMPU MEMAHAMI TEOLOGI ISLAM, SEJARAH PERKEMBANGANNYA, ALIRAN-ALIRAN, AJARAN-AJARAN DAN RELEVANSINYA DENGAN KEHIDUPAN KONTEMPORER; SERTA MAMPU MEREFLEKSIKANNYA DALAM KEBIASAAN BERPIKIR DAN BERTINDAK.
2.    MAHASISWA MAMPU MEMAHAMI HAKIKAT TASAWUF DAN MENGETAHUI PERANAN SERTA PERKEMBANGANNYA, BAIK SUNNI, MAUPUN FALSAFI UNTUK MEMBANGUN DASAR-DASAR NILAI BAGI PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN  DAN PENINGKATAN WAWASAN KEILMUAN YANG RAHMATAN LIL ALAMIN

COURSE LEARNING OUTCOMES
(CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH)

MAHASISWA MEMILIKI PEMAHAMAN TENTANG FILOSOFI FIQH DAN STRATEGI PENGEMBANGAN FIQH DALAM KONTEKS KEINDONESIAN DAN KEKINIAN DALAM  MENSIKAPI KEBUTUHAN HUKUM ATAS PROBLEM-PROBLEM YANG MUNCUL.

COURSE LEARNING OUTCOMES
(CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH)

MAHASISWA MAMPU MENERAPKAN ETIKA AKADEMIK, SIKAP ILMIAH YANG PROFESIONAL, SERTA MENGEMBANGKAN PERILAKU POSITIF MELALUI PENGKAJIAN AL-QUR'AN DAN HADIST SEBAGAI PIRANTI PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN.

COURSE LEARNING OUTCOMES
(CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH)

  MAHASISWA MAMPU MENJELASKAN KONSEP ILMU DARI SEGI ONTOLOGIS, EPISTEMOLOGIS, DAN AKSIOLOGIS SERTA MAMPU BERPIKIR LOGIS, SISTEMATIS DAN UNIVERSAL

COURSE LEARNING OUTCOMES
(CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH) 

MAHASISWA MAMPU MEMAHAMI DASAR-DASAR BERFIKIR ILMIAH DAN KONSEP KERJA ALAM SEBAGAI PELENGKAP PENALARAN, SERTA MEMILIKI SIKAP POSITIF TERHADAP MASALAH-MASALAH ALAMIAH YANG TIMBUL DI DALAM LINGKUNGANNYA

COURSE LEARNING OUTCOMES
(CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH)

MAHASISWA DAPAT MEMAHAMI ISI REFERENSI BERBAHASA INGGRIS YANG DIGUNAKAN PADA MATA KULIAH MATA  KULIAH YANG DIPASARKAN DI JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB, MAMPU MEMAHAMI BAHASA INGGRIS YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMBERIKAN PENYULUHAN TENTANG HAJÍ DAN UMROH, MAMPU MEMAHAMI BAHASA INGGRIS UNTUK KEPERLUAN PEMBERITAAN, PENERJEMAHAN, PENGAJARAN DAN MENJALANKAN TUGAS GUIDING ATAU DI STAFF KEDUTAAN.

COURSE LEARNING OUTCOMES
(CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH)

MAHASISWA DAPAT MEMAHAMI KONSEP-KONSEP DASAR TATA BAHASA INGGRIS, MAKNA KATA/ ISTILAH/ UNGKAPAN BAHASA INGGRIS, DAN KETRAMPILAN BERBAHASA YANG DIPERLUKAN UNTUK MEMAHAMI ISI REFERENSI BERBAHASA INGGRIS YANG DIGUNAKAN PADA MATA KULIAH MATA KULIAH YANG DIPASARKAN DI JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB.

MAHASISWA MEMILIKI KEMAMMPUAN BERBAHASA INDONESIA SECARA BAIK DAN BENAR, TERUTAMA DALAM KONTEKS PENULISAN KARYA ILMIAH

MAHASISWA MAMPU MEMAHAMI DAN MENGHAYATI DASAR FILSAFAT NEGARA PANCASILA DAN UUD 1945 DARI SUDUT HISTORIES, ETIS, YURIDIS DAN FILOSOFIS UNTUK MEMBENTUK NILAI, SIKAP SERTA TINGKAH LAKU DALAM MASYARAKAT DAN BERNEGARA SEBAGAI WARGA NEGARA YANG BAIK.