VISI

Menjadi Jurusan Matematika terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan di bidang matematika yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional, menjadi pusat pengembangan dan penerapan matematika yang bernafaskan Islam, serta menjadi kekuatan penggerak kemajuan masyarakat.

MISI

1.   Menyelenggarakan pendidikan akademik yang profesional untuk membentuk sarjana matematika yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan      kematangan profesional.

2.   Melaksanakan penelitian yang diarahkan untuk mengembangkan dan menerapkan matematika bernafaskan nilai-nilai keislaman.

3. Melakukan upaya pemberdayaan masyarakat dan pembaharuan yang Islami sesuai bidang matematika yang berbasis sains dan teknologi.

TUJUAN

Menghasilkan sarjana matematika yang memiliki kedalaman spritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional serta memiliki kemandirian sebagai kekuatan penggerak kemajuan masyarakat.

A. Kemampuan Dasar

Mahasiswa dapat memahami konsep dasar himpunan, relasi, dan fungsi.

 

B. Hasil Belajar

Mahasiswa dapat memahami definisi himpunan, jenis-jenis operasi pada himpunan, relasi, fungsi dan jenis-jenis fungsi.


A. Kemampuan Dasar

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan konsep vektor dan operasinya dalam matematika lanjut atau dalam kehidupan sehari-hari.

 

B. Hasil Belajar

Mahasiswa dapat memahami pengertian vektor, dapat menentukan komponen vektor, dapat menentukan hasil operasi penjumlahan, operasi perkalian skalar, dan operasi perkalian vektor, serta dapat menyelesaikan masalah dengan menggunakan vektor.


Tujuan

Mahasiswa mengetahui dan memahami sistem matematika yang terdiri dari satu himpunan takkosong dan dua operasi yang diberikan, yaitu “penjumlahan” dan “perkalian skalar”.

Materi

Persamaan linier dan Sistem persamaan linier, Operasi baris elementer, Matriks, Matriks elementer dan Invers matriks, Determinan, Vektor pada bidang dan ruang, Ruang vektor, Subruang, Basis dan Dimensi. Ruang baris dan ruang kolom, dan Menentukan basis, Ruang perkalian dalam, Basis orthonormal, transformasi linear, Matriks transformasi linear, Nilai eigen dan vektor eigen, Diagonalisasi, Diagonalisasi orthogonal, dan Aplikasi untuk persamaan differensial.

Referensi

Howard, Anton. 1987. Elementary Linear Algebra, 5th Edition. New York: John Wiley & Sons. Hoffman, K dan Kunze, R. 1984, Linear Algebra. Singapore: Prentice Hall.


Tujuan

Mahasiswa memahami, menguasai, dan mempunyai ketrampilan mengenai teknik pengintegralan sebagai antidiferensial.

Materi

Luas daerah bidang datar, volume benda putar, panjang kurva pada bidang, luas permukaan putar, fungsi transenden, fungsi trigonometri balikan, turunan fungsi trigonometri, fungsi hiperbola dan balikannya, teknik pengintegralan, integral tak tentu, dan integral tak wajar.

Referensi

Purcell, E.J. dan Varberg, Dale. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Terjemahan oleh Susilo, I.N. dkk. Jakarta: Erlangga. Leithold, L.. 1989. Calculus and Analytic Geometry 5th edition. London: Harper & Row.

Tujuan

Mahasiswa mengetahui, memahami, dan mampu menerapkan kaedah-kaedah logika untuk berpikir jelas, tegas, tepat, dan tetap.

Materi

Hukum logika dasar, hukum identitas, hukum kontradiksi, hukum penyisih jalan tengah, sistem proposisi, proposisi majemuk, modus ponens, modus tollens, aljabar proposisi, hubungan nilai kebenaran (HNK), argumen, proposisi kategori, dan Proposisi berkuantor non kategori.

Referensi

Kneebone, G.T. 1965. Mathematical Logic and the Foundations of Mathematics; an Introductory Survey. New Jersey: van Nostrand Company Limited. Mendelson, E. 1987. Introduction to Mathematical Logic. California: Wardworth Brooks. Sharvy, R.. 1962. Logic: An Outline. New Jersey: Adam & Company.