VISI

Visi Program Studi Fisika UIN Maliki Malang adalah menjadi program studi terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, melahirkan sarjana fisika yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional, dan menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bernafaskan Islam serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.


MISI

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang fisika untuk mengantarkan mahasiswa memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional.

Mengintegrasikan ilmu pengetahuan fisika dengan islam.

Memberikan pelayanan dan penghargaan kepada pengemban ilmu pengetahuan, khususnya Fisika,  yang bernafaskan islam.

Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pengkajian dan penelitian ilmiah menjunjung tinggi, mengamalkan dan memberikan keteladanan dalam kehidupan atas dasar nilai-nilai islam dan budaya luhur bangsa.


TUJUAN

Melahirkan sarjana sains yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional, khususnya dibidang fisika dan terapannya.

Melahirkan sarjana fisika yang mumpuni dalam mengembangkan dan mengaplikasikan Ilmu Fisika  yang bernafaskan Islam, untuk kesejahteraan masyarakat.

Melahirkan sarjana yang memiliki kepedulian terhadap masyarakat dan mampu menjadi pelopor pembaharuan dan pemberdayaan masyarakat untuk mencapai kehidupan yang sejahtera dalam nuansa Islami.


Standar Kompetensi (SK) 

Mahasiswa dapat memahami konsep dan prinsip transfer panas menjadi energi mekanik  dan atau energi   mekanik menjadi panas pada  sistem termodinamika.

Mahasiswa mampu memahami tentang pengertian dan konsep energi terbarukan, sumber-sumber energi terbarukan meliputi energi tenaga matahari, energi tenaga angin, energi tenaga air darat dan laut, biomassa, geothermal, dan aplikasinya, melalui analisis kajian sains dan teknologi, serta kajian sumber keislaman.

STANDART KOMPETENSI (SK)

Mahasiswa memahami struktur kristal, ragam getaran kisi, kapasitas panas zat padat, potensial periodic, teori pita energi dan piranti semikonduktor, bahan dielektrik dan bahan magnetik

Standar Kompetensi

Mahasiswa dapat memahami mengapa fisika kuantum harus ada, Bagaimana metodologi fisika kuantum, dan penerapannya untuk menganalisa suatu gejala fisika tertentu

STANDART KOMPETENSI

Mahasiswa mampu memahami prinsip dasar Ilmu Kebumian dan menggunakan metode ilmiah untuk  mempelajari masalah kebumian dengan pendekatan fisika.

Mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar-dasar elektronika berdasar teori-teori fisika dan mampu mengidentifikasi komponen-komponen dasar elektronika, karakteristik dan fungsinya serta mampu merancang rangkaian sederhana menggunakan komponen-komponen tersebut.


Mahasiswa memahami konsep dan aplikasi optika geometri, polarisasi cahaya dan perilaku cahaya dalam lensa, prisma serta properti lain dari berbagai sumber cahaya, memahami sifat cahaya sebagai gelombang elektromagnetik, prinsip-prinsip interferensi, difraksi  cahaya  beserta  beberapa  aplikasinya,  difraksi  Fraunhofer  dan  dasar-dasar  tentang optika Fourier, memahami konsep  dasar  kuantum  untuk mempelajari  cara  kerja  laser  dan  beberapa penggunaannya serta pembentukan Holografi image melalui analisis kajian sains dan teknologi, serta kajian sumber keislaman.

Tujuan

Mahasiswa dapat memahami dasar-dasar metalurgi, sifat-sifat mekanik logam yang meliputi konsep tegangan dan regangan, deformasi plastis dan elastic, perlakuan panas logam paduan, mekanisme penguatan logam

Materi Pokok

Dasar-dasar metalurgi : struktur atom, ikatan atom, Sifat mekanik logam : konsep tegangan dan regangan, Deformasi elastis, Deformasi plastis : sifat tegangan tarik, pemulihan elastic selama deformasi plastis, Deformasi tekan dan geser, Kekerasan, pemuluran, Perpatahan, kelelahan, Konsep dasar dan sifat-sifat dislokasi, System sesar dalam Kristal tunggal, deformasi plastis bahan kristalin, Mekanisme penguatan logam, Perlakuan panas logam paduan, Kemampuan pengerasan dan pencelupan logam paduan, Distorsi dan perubahan volume akibat perlakuan panas, Distribusi dan pengendapan kekerasan

Kepustakaan

William D Callister, Introduction Material Science and Engineering, John Wiley & Sons; LH Van Vlack, Elements of Material Science and Engineering, 1989


Tujuan

Mahasiswa dapat menganalisis system gerak dan kelistrikan organ tubuh manusia.

Materi Pokok

Sistem gerakan tubuh manusia. Gerakan otot sebagai wujud gerakan manusia.
Analisis mekanika pada gerakan manusia. Analisa gerak fluida pada tubuh manusia (peredaran darah). Kelistrikan pada sel. Potensial aksi, eksitasi dan iramanya. Transmisi sinyal pada syaraf.

Kepustakaan

Ackerman E, 1979. Biophysical Science, Prentice Hall, London.; Cameron, JR, JG, Skofronick, RM. 1999. Physics of the body (Medical Physic Series) 2rd, Medical Physics Pub.Corp. Winconsin; Setlow R.B Polard EC, 1978.Molecular Biophysics, Addison Wesley


Tujuan

Mahasiswa dapat menjelaskan tentang prinsip kerja deteksi radiasi dan dapat melakukan pengukuran pengukuran radiasi.

Materi Pokok

Radioaktivitas, sumber-sumber radiasi, besaran dosimetri radiasi. Pembangkitan sinar X. Interaksi radiasi dengan materi (termasuk benda hidup). Efek-efek interaksi radiasi pada materi/benda hidup. Prinsip deteksi radiasi. Prinsip proteksi radiasi.

Kepustakaan   

John, H.E. The Physics of Radiology. Sorenson, J.A dan Phelps. DE. 1983. Physics in Nuclear Medica. Second Edition.